Bapak ibu guru, Bapak ibu/wali orangtua siswa SD/MI yang saya hormati, Berikut ini akan saya berikan soal-soal prediksi US/M khusus mata pelajaran Matematika SD yang sudah kami pilih sesuai dengan kisi-kisi yang terbaru (2016) yang disahkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
Dengan soal-soal yang kami siapkan ini semoga menjadikan kemanfaatan dan digunakan untuk latihan putra-putri bapak/ibu. Adapun soal-soal prediksi ini terdiri atas jabaran dari 60 indikator yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Jadi pemerintah menyiapkan 60 kisi-kisi soal yang pasti dikeluarkan dalamwujud soal. Nah, dari 60 kisi-kisi/indikator US/M berikut ini sudah saya wujudkan ke dalam bentuk soal-soal yang akan mirip dengan soal yang akan diujian-kan tahun ini. Setiap indikator kami berikan 2 soal, sehingga ada 120 soal yang bisa dapatkan di sini. Soal ini bisa anda gunakan untuk latihan putra/putri Anda, siswa-siswi di sekolah Anda. Semoga bermanfaat. Silakan Anda unduh di bawah ini.
Pada kesempatan ini akan diberikan cara menjumlah dan mengurangkan pecahan secara cepat dan efektif. Masih banyak siswa yang belum tahu caranya menjumlah/mengurangkan pecahan, bahkan masih banyak pula yang nasih salah dalam menjumlah dan mengurangkan pecahan. Untuk itu mari belajar menjumlahkan dan mengurangkan pecahan bersama-sama. Menjumlah dan mengurangkan Pecahan Berpenyebut Sama
Pada penjumlahan/pengurangan berpenyebut sama, jumlahkan/kurangkan bilangan pembilangnya. Kemudian sederhanakan
Menjumlah dan mengurangkan Pecahan Campuran Berpenyebut Sama
Kerjakan pada bilangan bulat dengan bilangan yang bulat, bilangan pecahan dengan bilangan pecahan.
Menjumlah dan mengurangkan Pecahan Berpenyebut Berbeda
Pada penjumlahan dan pengurangan ini, samakan terlebih dahulu penyebutnya. Dengan cara diubah menjadi bilangan KPK dari penyebut-penyebutnya. Kemudian jumlahkan dan kurangkan pecahantersebut.
Menjumlah dan mengurangkan Pecahan Campuran Berpenyebut Berbeda
Kerjakan pada bilangan bulat dengan bilangan yang bulat, bilangan pecahan dengan bilangan pecahan.
Pengurangan Khusus Bilangan Bulatdan Pecahan
Perhatikan pola pada bilangan bulat dan pembilangnya. Pembilang pada hasil merupakan selisih pembilang dan penyebut pada Soal. Sedangkan bagian bulat pada hasil,merupakan 1 kurangnya dari soal.
Operasi Hitung Campuran Bilangan Pecahan
Penyebut pada operasi hitung di samping berbeda. Oleh karena itu, samakan terlebih dahulu penyebutnya. Setelah penyebut sama, operasikan bilangan pada pembilang-pembilangnya.
Penyebut pada operasi hitung di samping berbeda. Oleh karena itu, samakan terlebih dahulu penyebutnya. Kelompokkan bilangan bulat dengan bulat, pecahan dengan pecahan. Kerjakan seperti di samping.
Demikian sedikit materi tantang cara menjumlah dan mengurang bilangan pecahan, baik pecahan berpenyebut sama dan penyebut berbeda. Semoga bermanfaat.
Berikut ini saya berikan Biodata saya yang lebih lengkap Nama : Muklis S.Pd.Si TTL : Klaten, 20 Juli 1977 Alamat : Dk.Morangan RT 02/II Kel. Karanganom Klaten Utara Klaten Jawa Tengah 57438 Status : Sudah Menikah dengan Umi Hani dan anak bernama Raihan Adzka
Pekerjaan yang masih aktif sekarang : Penulis (Tetap dan Freelance) dan Editor buku (PT Intan Pariwara dan Genta Group) Pemilik dan Pengajar Matematika di Bimbel Imath Solution
Ini adalah Istri dan anak saya
Sudah lebih dari 8 tahun saya menulis buku-buku yang diterbitkan PT Intan Pariwara dan penerbit lainnya, dan juga menulis banyak paket-paket soal Ulangan Semeter, Ujian Sekolah (US) dan (UN) baik dari penerbit atau permintaan guru-guru tingkat SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK. Selain Rutinitas di atas, kami hampir setiap tahun diundang untuk melakukan bedah kisi-kisi UN untuk mapel Matematika, baik tingkat SD, SMP dan SMA untuk wilayah pulau Jawa.
Beberapa judul buku Mapel Matematika yang kami tulis bersama tim saya antara lain sebagai berikut. 1. Buku Detik-Detik UN 2. Buku PG-PR 3. Buku Penilaian 4. Buku Bank Soal 5. Lembar Evaluasi Kerja Siswa (LKS) Inilah contoh-conyoh buku yang kami buat bersama Tim pada tahun 2015/2016
Buku Detik-Detik UN SMA/MA PT Intan Pariwara
Buku Detik-Detik UN SMP/MTs dan SMK/MK PT Intan Pariwara
Buku Detik-Detik UN SMK/MAK PT Intan Pariwara
Buku Detik-Detik UN SMA/MA Program IPS PT Intan Pariwara
Buku PGPR Matematika SMA/MA PT Intan Pariwara
Buku PGPR Matematika SMP/MTS PT Intan Pariwara
Buku TOP Fokus UN Penerbit Genta Group
Itulah sekilas mengenai saya dan aktivitas saya, saya berharap para Pembaca berkenan dan menjaga pertemanan, persahabatan, dan hubungan kerjasama yang baik. Bagi para pembaca yang berminat sharing, konsultasi, berkerja sama dengan saya, kami sangat menghargai dan sangat senang bisa membantu Anda. Maz Muklis (Imath Solution) 085743325879 (Telp/sms/WA) Pin BB: 59586C1D Email : mazmuklis@gmail.com
Limit fungsi trigonometri dipelajari di kelas 11. Setelah mempelajari limit fungsi aljabar , selanjutnya mempelajari limit fungsi trigonometri. Beberapa rumus dan teorema mengenai limit fungsi trigonometri sebagai berikut.
Beberapa bentuk limit fungsi trigonometri yang lain adalah sebagai berikut.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh soal dan pembahasannya berikut ini. Contoh 1
Contoh 2
Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu diubah ke bentuk dasar limit trigonometri yang menggunakan sifat-sifat limit trigonometri. Urutan langkahnya seperti di samping.
Contoh 3
Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu diubah ke bentuk dasar limit trigonometrisudut ganda.Urutan langkahnya seperti di samping.
Contoh 4
Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu bentuk kosinus sudut ganda diubah menjadi bentuk kuadrat sinus. Urutan langkahnya seperti di samping.
Contoh 5
Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu pada pembilang, selisih kosinus diubah menjadi perkalian sinus. Urutan langkahnya seperti di samping.
Contoh 6
Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu pada pembilang identitas 1 diubah menjadi jumlahan kuadrat sinus dan kosinus. Urutan langkahnya seperti di samping.