Tabel Angka Romawi Terlengkap (1-1000)

Februari 26, 2014 Add Comment
Tabel Angka Romawi Terlengkap (1-1000)
Ada yang tanya menulis angka romawi 11 itu gimana sih...? saya jawab aja XI, itulah yang jadi alasan kenapa saya posting tabel angka romawi, ternyata seperti kelihatannya mudah tapi banyak anak-anak yang kurang paham untuk menuliskan angka romawi.


Kadang untuk menuliskan angka romawi 8, angka romawi 10, angka romawi 12 atau lain sebagainya anak-anak masih mengalami kesulitan, berikut admin

Cara Menghitung Persentase [%] Keuntungan

Februari 22, 2014 Add Comment
Cara Menghitung Persentase [%] Keuntungan
Sebelumnya admin minta maaf jika akhir2 ni blog belajar-soal-matematika.blogspot.com jarang update dikarena kesibukan admin di bidang lainnya. Sekarang admin akan memberikan materi yang cukup ringan yaitu mengenai Bagaimana cara menghitung persentase / prosentase keuntungan dari kegiatan perdagangan.

Nah materi ini salah satu bukti bahwa materi matematika bisa langsung diaplikasikan dalam

Tips dan Metode Cara Mudah Belajar Matematika

Februari 17, 2014 Add Comment
Tips dan Metode Cara Mudah Belajar Matematika

Metode belajar matematika !
Pernah anda mempelajari sesuatu saat dalam keadaan tegang ataupun stress, takut, tidak nyaman dan anda tidak tahu apa gunanya? Apakah disaat seperti itu anda dapat memahami dan menyerap sebuah materi dengan mudah? Bagaimana jika anda belajar matematika, yang kesannya rumit dan penuh dengan angka-angka, disampaikan dengan cara yang lebih menyenangkan dan membangkitkan

Rumus Persamaan Identitas Trigonometri

Februari 13, 2014 Add Comment
Rumus Persamaan Identitas Trigonometri
Identitas trigonometri, kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan materi pada bab trigonometri,

Persamaan identitas trigonometri










Seperti yang ditunjukkan gambar itulah yang dinamakan dengan identitas trigonometri, sekarang kita akan cari tau bagaimana koq bisa sampai ketemu rumus kayak gitu, berikut pembuktian persamaan identitas trigonometri ditas:

seperti kita

Download Tabel Perkalian Terlengkap

Februari 03, 2014 Add Comment
Download Tabel Perkalian Terlengkap
Tabel perkalian, apa sih fungsinya ?
kalo kita sudah menghafal banyak perkalian mungkin kita tidak membutuhkan lagi tabel perkalian untuk membantu kita dalam berlajar perkalian matematika. Masih ingat waktu SD dulu saya memiliki buku yang bagian sampul belakangnya ada tabel perkalian matematikanya. Kalian punya?

Tapi ya namanya juga dulu tabelnya ya seperti itu0itu saja nggak ada perkembangan

Cara Belajar Operasi Hitung Campuran

Februari 03, 2014 Add Comment
Cara Belajar Operasi Hitung Campuran
Operasi hitung campuran, kadang siswa sulit untuk menentukan bagaimana sih cara belajar perasi hitung campuran? manasih yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Itu yang menjadi tantangan seorang guru untuk memberikan kepahaman kepada anak didiknya.

Untuk memberikan cara belajar operasi hitung kali ini, belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan contoh mengenai cara menentukan selisih

Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs 2014/2015

Februari 03, 2014 Add Comment
Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs 2014/2015


Soal Ujian Nasional SMP/MTs. Mapel Matematika

Tahukah Anda, bahwa soal-soal Ujian Nasional tahun 2015 akan mengacu pada kisi-kisi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, baik itu dari kemendiknas atau BSNP. Kisi-Kisi atau Standar Kelulusan (SKL) Ujian Nasional (UN) 2014/2015 ini secara langsung membantu Anda dalam belajar secara efisien dan fokus. Walaupun demikian untuk menjabarkan kisi-kisi ini membutuhkan beberapa dokumen-dokumen soal UN yang lebih banyak. Mengapa? Karena soal-soal ujian Nasional dari tahun-ke tahun selalu mengalami peningkatan kualitas dan variasi soal. Kami sudah menganalisis soal-soal dari tahun ke tahun. Terutama soal Ujian Nasional Matematika. Berikut ini disajikan soal prediksi (bukan bocoran soal) Ujian Nasional tahun 2014/2015 yang sesuai dengan kisi-kisi dan SKL Ujian Nasional 2013/2014.

Kisi-Kisi 2:
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

SOAL UJIAN NASIONAL 2014/2015
MAPEL : MATEMATIKA
SMP/MTS

1.      Sebuah barisan aritmetika mempunyai rumus suku ke-n yaitu Un = 3n – 5. Jumlah 30 suku yang pertama adalah . . . .
A.      1.215
B.      1.239
C.      1.245
D.      1.260
2.      Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 17, 13, 9, 5, . . . adalah . . . .
A.      -4n + 21
B.      -4n + 17
C.      -4n – 21
D.      4n – 21
3.  Diketahui barisan aritmetika dengan U3 + U5 = 42 dan U9= 51. Suku kedua puluh tiga (U23) adalah ...
      A.     135
      B.    136
      C     141
       D.    147

4. Suku ke-4 dan suku ke-8 barisan aritmetika adalah 27 dan 55. Jumlah 22 suku pertama barisan tersebut adalah . . . .
A.      1.533
B.      1.760
C.      1.683
D.      1.863
5.      Suatu gedung mempunyai 20 tempat duduk pada barisan pertama, 24 tempat duduk pada barisan kedua, 28 tempat duduk pada barisan ketiga, dan seterusnya dengan setiap barisnya 4 tempat duduk lebih banyak dari barisan di depannya. Jika terdapat 25 barisan tempat duduk, banyak tempat duduk pada baris paling belakang ada . . . buah.
A.      116
B.      120
C.      124
D.      128
6.   Diketahui barisan geometri dengan suku ke-3 adalah 96 dan suku ke-7 adalah 6. Suku ke-10 adalah . . .
      A.     3/2
      B.      3/4
      C.      9/16
      D.      3/16

7.  Sebuah amoeba dapat membelah diri menjadi dua setiap 6 menit. Jumlah amoeba setelah satu jam jika awalnya hanya terdapat 2 amoeba adalah . . . .
A.      2.048
B.      1.024
C.      128
D.      120