Menemukan Konsep eksponen dengan pemahaman sendiri

Agustus 18, 2013 Add Comment
Menemukan Konsep eksponen dengan pemahaman sendiri
 Untuk menemukan konsep eksponen, kamu selesaikan masalah yang disajikan di bawah ini secara berkelanjutan. Kamu lebih dahulu berusaha memikirkan, berupaya mencari ide-ide kreatif, berdiskusi, mencoba memecahkan masalah di dalam kelompok belajar.

Dari beberapa model matematika yang melibatkan eksponen, kamu secara individu menuliskan ciri-ciri eksponen dan mendiskusikan hasilnya dengan temanmu.

Ringkasan materi SD kelas 6 BAB 1

Agustus 17, 2013 Add Comment
Ringkasan materi SD kelas 6 BAB 1
Ringkasan materi SD kelas 6 BAB 1 pengerjaan hitung bilangan bulat
Sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan pada penjumlahan berlaku:
1) Sifat pertukaran (komutatif) a + b = b + a
2) Sifat pengelompokan (asosiatif) (a + b) + c = a + (b + c)
Sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan pada perkalian berlaku:
1) Sifat pertukaran (komutatif) a × b = b × a
2) Sifat pengelompokan (asosiatif) (a × b) × c = a

materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN

Agustus 16, 2013 Add Comment
materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN
Silabus merupakan ruang lingkup atau kumpulan materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN.



Silabus yang disusun terdiri dari 4 jenis ruang lingkup materi sesuai dengan mata pelajaran yang dilombakan yaitu IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS.

Silabus disusun dengan tujuan antara lain memberikan panduan untuk menyatukan pemahaman dan menyamakan interprestasi bagi guru khususnya dan

Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Agustus 15, 2013 Add Comment
Olimpiade Sains Nasional (OSN)


Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu program Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama,  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan  mutu pendidikan. Selain  itu OSN merupakan salah satu  strategi untuk mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa tingkat SMP seluruh Indonesia dalam bidang IPA (Biologi, Fisika),

PEMBUKTIAN VOLUME BANGUN RUANG SECARA DEDUKTIF

Agustus 14, 2013 Add Comment
PEMBUKTIAN VOLUME BANGUN RUANG SECARA DEDUKTIF
Berpikir Deduktif dalam matematika diartikan sebagai berpikir berdasarkan aturan-aturan yang berlaku dalam matematika.

Aturan-aturan yang dimaksud adalah bahwa suatu sifat harus dibuktikan kebenarannya secara langsung dari definisi atau aksioma, dalil (teorema) harus dibuktikan kebenarannya berdasarkan definisi yang berlaku atau
berdasarkan aksioma (postulat) yang berlaku, atau berdasarkan

Volum dan Luas Permukaan Bola

Agustus 13, 2013 Add Comment
Volum dan Luas Permukaan Bola
Penurunan rumus volume dan luas permukaan bola secara induktif dilakukan melalui peragaan dengan cara menakar menggunakan alat takar setengah bola untuk ditakarkan ke tabung pasangannya.

Yang dimaksud dengan tabung pasangannya adalah tabung yang tepat melingkupi bola secara utuh, yakni tabung yang tepat menyinggung bola di bagian atas, bagian bawah, dan bagian samping






untuk melihat materi

mencari rumus volume kerucut secara induktif

Agustus 12, 2013 Add Comment
mencari rumus volume kerucut secara induktif
Untuk mencari rumus volume kerucut secara induktif dilakukan melalui peragaan dengan menakar menggunakan alat takar berupa kerucut dan tabung pasangannya.

Yang dimaksud dengan tabung pasangannya adalah tabung yang luas alasnya sama dengan luas alas kerucut dan tingginya juga sama dengan tinggi kerucut.

Bahan yang dapat digunakan dalam melakukan penakaran dapat berupa beras, jagung, atau
otek (