Kategori Kualitas Soal UJIAN NASIONAL 2013

Februari 19, 2013 Add Comment
Kategori Kualitas Soal UJIAN NASIONAL 2013
10% Sulit - 60% Sedang - 30% Mudah

Pemerintah (Kemdikbud) berjanji meningkatkan kualitas penyelenggaraan ujian nasional untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Tahun 2013, variasi soal UN akan ditingkatkan untuk lebih memperkecil kemungkinan aksi contek. Menteri Pendidikan Nasional Mohamad Nuh mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyusun formulasi peningkatan variasi soal hingga 10 variasi sehingga nanti dalam satu kelas yang diisi 20 peserta UN hanya ada dua siswa yang soalnya sama. Namun kalau kita menyimak POS UN, tersirat bahwa paket yang akan digunakan adalah sejumlah 20 paket soal dalam satu ruang ujian.
Penyelenggara UN Tingkat Pusat membuat master copy naskah soal UN dengan langkah-langkah, diantaranya :
Menyiapkan naskah soal UN yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama untuk setiap peserta dalam satu ruang ujian untuk UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket C;
Menyiapkan 5 (lima) Paket soal UN yang berbeda khusus untuk SMPLB, SMALB, Program Paket C Kejuruan, dan Program Paket B/Wustha dan 1 (satu) Paket Soal untuk Program Paket A/Ula.
Keinginan Mendikbud Mendikbud tersebut tidak bermaksud menyulitkan siswa tetapi semata-mata untuk membuat UN lebih baik lagi, baik secara kuantitas maupun kualitas.
Sementara itu Moehammad Amman Wirakartakusumah, Ketua Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BNSP), mengatakan mutu pendidikan dari tahun ke tahun harus lebih baik. Beliau menyampaikan bahwa komposisi soal UN tahun ini 10% kategori soal sulit, 60% kategori sedang dan 30% soal kategori mudah. Untuk tahun depan bisa saja kategori sulit menjadi 15%.
Peningkatan kualitas soal meningkat bertujuan untuk menaikkan nilai tukar prestasi siswa. Apalagi nanti hasil UN akan menjadi paspor ke perguruan tinggi,” ujarnya dalam Jumpa Pers UN yang dihadiri Ibnu Hamad, Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH), Haryono Umar, Irjen Kemendikbud dan Khairil Anwar, Ketua Balitbang Kemendikbud.
Moehammad mengatakan sejauh ini pelaksanaan UN 2012 belum ada hal-hal yang kontraproduktif. Hal ini didukung komitmen tinggi para pengawas dari kalangan perguruan tinggi yang siap menjalankan tugasnya.

Bank Soal Ujian Nasional

Februari 15, 2013 Add Comment
Bank Soal Ujian Nasional
OPERASI BILANGAN BULAT

SOAL-SOAL  UJIAN NASIONAL TINGKAT SMP

1.    Hasil dari (–4 + 6) × (–2 – 3) adalah . . . .
A.    –10  
B.    –2  
C.    10
D.    50
(Ujian Nasional 2008/2009)

2.    Hasil dari 11 + (12 : (–3)) – ((–4) × 2) adalah . . . .
A.    23  
B.    15  
C.    7
D.    –1
(Ujian Nasional 2009/2010)


3.    Hasil dari –24 + 72 : (–12) – 2 × (–3) adalah . . . .
A.    –24
B.    –18
C.    18
D.    24
(Ujian Nasional 2010/2011)

4.    Suhu suatu ruang pendingin mula-mula 3°C di bawah nol, kemudian diturunkan 15°C. Suhu di ruang pendingin sekarang adalah . . . .
A.    –18°C    C.    12°C
B.    –12°C    D.    18°C
(Ujian Nasional 2008/2009)


5.    Suhu di dalam kulkas –2°C. Pada saat mati lampu suhu di dalam kulkas naik 3°C setiap
4 menit. Setelah lampu mati selama 8 menit, suhu di dalam kulkas adalah . . . .
A.    1°C  
B.    3°C  
C.    4°C
D.    8°C
(Ujian Nasional 2008/2009)


6.    Dari prakiraan cuaca kota-kota besar di dunia tercatat suhu tertinggi dan terendah sebagai berikut.
Moskow: terendah –5°C dan tertinggi 18°C;
Mexico: terendah 17°C dan tertinggi 34°C;
Paris: terendah –3°C dan tertinggi 17°C; dan
Tokyo: terendah –2°C dan tertinggi 25°C.
Perubahan suhu terbesar terjadi di kota  . . . .
A.    Moskow    C.    Paris
B.    Mexico    D.    Tokyo
(Ujian Nasional 2006/2007)

7.    Seorang peserta ujian masuk perguruan tinggi menjawab 36 soal dengan benar dan 8 soal salah dari 50 soal yang diberikan. Jika setiap jawaban benar diberi skor 4, jawaban yang salah diberi skor –2, dan tidak dijawab diberi skor 0. Skor yang diperoleh peserta tersebut adalah . . . .
A.    114  
B.    128  
C.    144
D.    166
(Ujian Nasional 2008/2009)


8.    Suatu turnamen catur ditentukan bahwa peserta yang menang memperoleh nilai 5, peserta yang seri mendapat nilai 2, dan peserta yang kalah mendapat nilai –1. Jika hasil dalam 6 pertandingan seorang peserta menang 3 kali dan kalah 2 kali, maka nilai yang diperoleh peserta tersebut adalah . . . .
A.    15    C.    12
B.    13    D.    10
(Ujian Nasional 2006/2007)

9.    Dua orang mendapat tugas mengedipkan lampu senter. Orang pertama bertugas mengedipkan lampu setiap 12 detik sekali dan orang kedua mengedipkan lampu setiap 15 detik sekali. Jika kedua orang tersebut mulai mengedipkan pada saat yang sama maka kedua orang tersebut akan mengedipkan secara bersama-sama untuk ketiga kalinya setelah . . . .
A.    30 detik    C.    120 detik
B.    60 detik    D.    180 detik

Ruang Ujian Nasional

Februari 14, 2013 Add Comment
Ruang Ujian Nasional
TIPS SUKSES MENGHADAPI UJIAN NASIONAL


Ujian Nasional sudah dekat,berari persiapan mungkin sudah dilakukan sejak dini. Banyak siswa yang merasa bahwa UN adalah penentuan paling akhir dalam pembelajaran di  tingkatan tertentu. Namun bukan demikian, Ujian Nasional (UN) merupakan ajang evauasi ketuntasan dalam belajar materi yang diajarkan di sekolah. Memang benar bahwa, Jika siswa belum meraih nilai ketuntasan/kelulusan berarti siswa juga belum layak meneruskan  ke jenjang berikutnya. Dalam arti, siswa bisa mengulangi lagi materi yang diajarkan.
Selama ini yang menjadi dasar kelulusan/ ketuntasan adalah nilai  UN. Untuk itu agar para siswa bisa tuntas/lulus dengan nilai yanng baik tentunya belajar dengan rajin.

Berikut tips sukses dalam menghadapi UN.
1. Selalu berdoa kepada Tuahan Yang Mahaesa.
2. Ubahlah image UN ini menjadi momen yang memberikan tantanganbagi Anda. Dengan demikian rasa takutmu berubah menjadi rasa ingin menaklukkan UN dengan sempurna.
3. Belajar lebih dini atau mulai sekarang. Siswa yang menunda-nunda belajar cenderung akan gagal dalam belajarnya.
4. Banyak berlatih mengerjakan soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya.
5. Kurangi kegiatan-kegiatan atau pikiran-pikiran keiniginan yang tidak berguna. Sebab jika tidak dikurangi dari sekarang akan mengganggu konsentrasi belajar.

Disampaikan oleh Tim  Imath Solution

Bimbel dan Les Privat 
IMATH Solution
085743325879

Berkarya dengan Menulis Naskah atau Buku

Februari 09, 2013 Add Comment
Berkarya dengan Menulis Naskah atau Buku


Menulis Naskah Menjadi Buku

Siapa bilang membuat buku itu sulit? Coba lihatlah, sekarang banyak buku yang beredar di pasaran. Itu membuktikan bahwa membuat buku itu mudah.
Jika Anda hobi menulis (menulis apa saja dech), dan ingin membuat menjadi buku, itu sangat mungkin. Sekarang jamannya sudah canggih, hanya saja yang malas yang nggak berhasil.

Apa manfaat jika Anda sudah berkarya membuat buku, dan nama Anda tertera di buku? Oh, tentu banyak sekali, antara lain dari segi social buku Anda memberikan manfaat bagi pembaca. Dari segi ekonomi, buku Anda bisa dijual dan mendapatkan penghasilan. Dari segi kepribadian, nama kamu sudah banyak yang mengenal. Dan masih banyak yang Anda peroleh.

Nah sekarang sudah siapkah Anda untuk membuat karya berbentuk buku? Coba diam dan pikirkan ide apa yang akan Anda tumpahkan dalam bentuk buku. Yang jelas ide-ide atau sesuatu itu yang Anda sukai dan kuasai.

Bagaimana Cara menjadikan ke bentuk buku?
Naskah yang Anda buat dan tulis bisa dikirimkan ke penerbit atau di cetak sendiri. Jika naskah Anda akan dicetak sendiri maka Anda harus melakukan sendiri atau minta bantuan jasa orang lain. Namun demikian, hal ini sangatlah mudah.

Bagaimana Pemasarannya?
Sekarang banyak distributor buku yang ada di sekitar kita. Coba Anda manfaatkan jasa distributor tersebut. Biasanya system yang digunakan adalah persentase nilai/harga buku. Distributor mempunyai banyak jaringan tok-toko buku di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu memasarkan sendiri. Jika Anda mencetak 5.000 eksemplar, serahkan buku-buku tersebut ke distributor. Anda akan mendapat laporan penjualan setiap bulannya. Dan tentunya Anda mendapatkan transferan hasil penjualan tersebut.

Mudah bukan? Selamat memulai sekarang juga.



Detik-Detik Ujian Nasional 2013

Januari 26, 2013 Add Comment
Detik-Detik Ujian Nasional 2013



Ujian Nasional Sudah DEKAT
Kamu dan Anda yang duduk di kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA/SMK sederajat.
TIDAK Perlu CEMAS…!
TIDAK Perlu GELISAH…!
TIDAK Perlu TAKUT…!
TIDAK Perlu KUATIR…!

Kami Solusinya, Kami Teman Anda, Kami yang akan membimbingmu dan Kami yang akan memberikan Keyakinan Anda dalam menghadapi Ujian Nasional. Dengan pembelajaran yang Intensif, Metode Penalaran yang akurat dan ilmiah, fokus pada Kisi-Kisi atau SKL Ujian Nasional 2013.

100 Menit, Nilai 10, Juara 1



Hubungi:
Bimbel dan Les Privat
IMATH SOLUTION
HP : 085743325879 
(Wilayah Klaten-Surakarta)

Motivasi:

Maret 08, 2012 Add Comment
Motivasi:
 GALI POTENSI BELAJAR
AKTIFKAN KECERDASAN


KOMPAS.com - Ternyata, kecerdasan bisa diaktifkan. Dalam teori multiple intelligent, ada delapan kecerdasan ganda yang bisa digunakan untuk menjelaskan potensi belajar Anda. Setiap kecerdasan tersebut, dapat memberikan manfaat bagi Anda. Apa saja delapan kecerdasan itu?

1. Kecerdasan Verbal/Linguistik
Kecerdasan verbal adalah kecerdasan yang melibatkan kemampuan untuk berbicara dan menulis. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan mencoba mempelajari kata-kata baru setiap harinya. Caranya dengan membaca, mendengarkan berita di radio, melibatkan diri dalam perdebatan, dan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi kelas.

2. Kecerdasan Logikal/Matematika

Kecerdasan logikal ini melibatkan angka-angka dan penalaran. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan sering menyelesaikan perhitungan, mempelajari berbagai rumus, dan memecahkan teka-teki.

3. Kecerdasan Visual/Spasial
Kecerdasan visual/spasial melibatkan proses berpikir dalam bentuk lukisan atau gambar. Anda bisa mengaktifkan kecerdasan ini dengan menganalisis alat bantu visual dalam teks buku dengan memetakan pikiran dalam sebuah gambar, diagram/ bagan.

4. Kecerdasan Tubuh/Kinestetik
Kecerdasan tubuh/kinestetik melibatkan gerakan tubuh dan penanganan masalah. Kecerdasan ini dapat diaktifkan dengan menggunakan ketrampilan motorik Anda secara teratur. Contohnya, melakukan berbagai latihan olahraga, jogging, dan secara langsung aktif dalam berbagai kegiatan. Anda juga bisa mengaktifkan kecerdasan ini dengan mengerjakan tugas Anda di komputer.

5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan bermusik seperti irama dan nada. Aktifkanlah kecerdasan tipe ini dengan sering mendengarkan musik, memainkan alat musik, atau bernyanyi.

6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan interpersonal melibatkan respons dalam hal suasana hati, motivasi, dan kebutuhan orang lain. Hal ini mengarah pada membangun suatu hubungan baik dengan orang lain dan menikmati pergaulan dengan orang lain. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan sering berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, debat pendapat, atau aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial.

7. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal mencakup harga diri, penghargaan terhadap diri sendiri, dan kesadaran diri. Kecerdasan tipe ini dapat diaktifkan dengan menguji secara kritis kekuatan dan kelemahan Anda.

8. Kecerdasan Natural
Kecerdasan natural adalah kecerdasan yang dapat menghargai dan memahami kondisi alam. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan menjelajahi kondisi alam, yaitu dengan berkemah atau dengan mendaki gunung. Hal itu dapat membantu Anda memahami lingkungan alam.

Dengan mengaktifkan delapan kecerdasan di atas, Anda akan terbantu dalam menemukan bakat yang terpendam. Tak perlu menguasai seluruh kecerdasan itu, tetapi temukankan kecerdasan yang paling Anda kuasai dan hubungkanlah dengan sesuatu yang ingin Anda pelajari. 

Sumber: how to study

Sekilas UN

Maret 08, 2012 Add Comment
Sekilas UN
Kisi-Kisi UN SD/MI Mata Pelajaran Matematika

Pelaksanaan Ujian Nasional akan diselengarakan sebentar lagi. Oleh karena itu perlu siswa-siswi kelas VI mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Harus diketahui bahwa kisi-kisi UN mapel Matematika banyak sekali perbedaan atau perubahan dibandingkan dengan kisi-kisi UN tahun lalu. Jika dihitung sebanyak 14 kisi-kisi atau indikator baru. Selain itu tidak sedikit penggabungan kisi-kisi tahun lalu. Misalnya dua indikator  pada tahun lalu digabung menjadi satu indikator pada tahun 2012 ini. Ada lagi adanya perluasan indikator, yaitu yang tahun lalu bersifat khusus, sekarang lebih umum (luas) cakupannya. Walupun demikian, kisi-kisi UN matematika sangat jelas tujuannya, misalnya menghitung luas, menentukan rata-rata, melakukan oprasi htung campuran bilangan cacah, dan menentukan titik koordinat. Kisi-kisi tersebut sangat mudah diapresiasikan ke dalam  bentuk soal.

Melihat dan mengamati hal tersebut , perlu adanya langkah-langkah yang cermat dan cerdas untuk menyikapi kisi-kisi yang  baru tersebut. Siswa-siswi dan guru harus aktif dalam melaksanakan latihan-latihan soal yang sesuai dengan kisi-kisi UN terbaru. Langkah-langkah yang ditempuh antara lain memperbanyak Tryout bagi siswa-siswi. Dengan adanya banyak latihan maka siswa akan terbiasa mengerjakan soal-soal yang setara dengan soal-soal UN. Selain langkah-langkah di atas, guru juga sangat perlu memberikan penyelesaian soal secara praktis dan tidak bertele-tele. Sebab, pada umumnya soal-soal UN Matematika dapat diselesaikan secara sederhana dan bilangan-bilangannya juga mudah dioperasikan.. Dengan adanya cara praktis atau trik, maka siswa akan mersa mudah dalam menyelesaikan soal.

Oleh karena itu, mari mulai  mempersiapkan siswa-siswi kelas VI dalam menghadapi UN, terutama Matematika. Dengan cara sederhana, praktis dan efisien, yakinlah bahwa keberhasilan siswa-siswi ini akan tercapai.