Menyelesaikan Masalah Akar-AKar Persamaan Kuadrat Berkaitan dengan Nilai Diskriminan

Januari 23, 2017 Add Comment
Menyelesaikan Masalah Akar-AKar Persamaan Kuadrat Berkaitan dengan Nilai Diskriminan


Akar-akar Persamaan Kuadrat
Bentuk umum persamaan Kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, c bilangan real dan a tidak sama dengan 0.

Cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat.

1.      Memfaktorkan,

       ax2 + bx + c = 0 diubah menjadi  (ax + p)(ax + q)/a, dengan p + q = b dan pq = ac. Sehinga diperoleh x1 = -p/2 dan x2 =-q/2 .

2.      Melengkapkan kuadrat, bentuk persamaan kuadrat diubah ke bentuk (x + p)2 = q.

3.      Menggunakan rumus abc.

      

Jenis-Jenis Akar Persamaan Kuadrat

Akar-akar dari persamaan Kuadrat  ax2 + bx + c = 0 mempunyai berbagai jenis dipandang dari nilai Diskriminan (D = b2 – 4ac).
(i)  D > 0, mempunyai akar real.
(ii) D = 0, mempunyai akar kembar real.
(iii) D < 0, tidak mempunyai akar real.


Rumus Jumlah dan Hasil Kali Akar-akar Persamaan Kuadrat

Jika x1 dan x2 merupakan akar-akar dari persamaan kuadrat ax2+ bx + c = 0 maka diperoleh:

Jika x1 + x2 = -b/a dan  x1 x2 = c/a.



Menyusun Persamaan Kuadrat Baru

Misalkan x1 dan x2 merupakan akar-akar  persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0. Jika p dan q merupakan akar-akar yang baru dalam x1dan x2, persamaan kuadrat yang baru adalah x2 - (p + q)x + pq = 0.

Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh berikut.
1. Jika p dan q merupakan akar-akar  persamaan kuadrat x2 + 5x + 8 = 0. Tentukan nilai dari pq2 + p2q.
Jawaban:
Persamaan kuadrat x2 + 5x + 8 = 0, mempunyai a = 1, b = 5 dan c = 8. Persamaan tersebut mempunyai akar-akar p dan q. Sehingga diperoleh:
p + q = -b/a = -5/1 = 5
pq = c/a = 8/1 = 8
Dengan demikian:
pq2 + p2q = pq (q + p)
               = (8)(5)
               = 40
Jadi, nilai pq2 + p2q = 40. 

2. Jika p dan q merupakan akar-akar  persamaan kuadrat x2 - 3x + 6 = 0. Tentukan nilai dari 2p2 + 2q2.
Jawaban:
Persamaan kuadrat x2 - 3x + 6 = 0, mempunyai a = 1, b = -3 dan c = 6. Persamaan tersebut mempunyai akar-akar p dan q. Sehingga diperoleh:
p + q = -b/a = -(-3)/1 =3
pq = c/a = 6/1 =6
Dengan demikian:
2p2 + 2q2 = 2{(p + q)2 - 2pq}
               = 2{(32) - 2(6)}
               = 2{9 - 12}
               = 2(-3)
               =-6
Jadi, nilai 2p2 + 2q2 = -6.

3. Jika persamaan kuadrat 2x2 - 8x + 2m + 1= 0 mempunyai akar-akar kembar,Tentukan nilai m.
Jawaban:

Syarat persamaan kuadrat mempunyai akar kembar adalah nilai diskriminan sama dengan (D = 0).
b2 - 4ac = 0
82 - 4. 2. (2m + 1) = 0
        64 - 16m - 8 = 0
                   16m = 56
                       m = 7/2 
Jadi, nilai m = 7/2.

4. Jika persamaan kuadrat x2 - px + 3p - 8 = 0 mempunyai akar-akar real dan berlainan,tentukan nilai batas-batas nilai p.
Jawaban:

Syarat persamaan kuadrat mempunyai akar real dan berlainan adalah nilai diskriminan lebih dari 0(D > 0).
b2 - 4ac > 0
p2 - 4. 1. (3p - 8) > 0
        p2 - 12p + 32 > 0
        (p - 4)(p - 8) > 0
        p < 4 atau p > 8
Jadi, batasan nilai p adalah p < 4 atau p > 8.

5. Jika persamaan kuadrat x2 - 5x + 12 = 0 mempunyai akar-akar p dan q, tentukan persamaan kuadrat baru yang mempunyai akar 2p + 1)dan (2q + 1)
Jawaban:

Persamaan kuadrat x2 - 5x + 12 = 0 mempunyai nilai a = 1, b = -5 dan c = 12.
Akar-akar persamaannya p dan q.
p + q = -b/a = -(-5)/1 = 5
pq = c/a = 12/1 = 12 
Menentukan persamaan kuadrat yang mempunyai akar (2p + 1)  dn (2q + 1)
(2p + 1)  + (2q + 1) = 2(p + q) + 2= 2(5) + 2 = 12
(2p + 1)(2q + 1) = 4pq + 2p + 2q + 1 
                         = 4pq + 2(p + q) + 1 

                         = 4(12) + 2(5) + 1 
                         = 48 + 10 + 1
                         = 59
 Persamaan kuadrat baru:
x2 -((2p+1)+(2q+1))x + (2p+1)(2q+1) = 0  
 x2 - 12x + 59 = 0
 Jadi, persamaan kudrat baru adalah x2 - 12x + 59 = 0.

Membaca dan Menentukan Titik Koordinat pada Bidang Kartesius

Januari 21, 2017 Add Comment
Membaca dan Menentukan Titik Koordinat pada Bidang Kartesius
Bidang kartesius adalah materi kelas 6 SD.
Diagram Kartesius merupakan bidang datar yang terdiri atas dua sumbu koordinat yang saling tegak lurus, yaitu sumbu mendatar dan sumbu tegak. Sumbu mendatar dinamakan sumbu X dan sumbu tegak dinamakan sumbu Y. Sumbu X dan sumbu Y berpotongan tegak lurus di titik O. Titik O dinamakan pangkal koordinat. Bilangan-bilangan di kanan sumbu Y dan di atas sumbu X berupa bilangan bulat positif. Bilangan-bilangan di kiri sumbu Y dan di bawah sumbu X berupa bilangan bulat negatif. Letak titik pada diagram Kartesius dinyatakan dengan A(x, y). Bilangan x dinamakan absis, menyatakan letak/posisi titik searah sumbu X. Bilangan y dinamakan ordinat, menyatakan letak/posisi titik searah sumbu Y. 
Bidang kartesius dapat digambarkan sebagai berikut.
 Perhatikan cara membaca dan menentukan titik koordinat P, Q, R, dan S di atas. Cara membaca/menentukan koordinat titik pada bidang kartesius sebagai berikut.
1) Tentukan banyak langkah/satuan ke kanan atau kekiri dari Sumbu Y. Jika ke kanan berarti nilainya positif, kalau ke kiri nilainya negatif. Perhatikan gambar di atas sudah ada angka-angka pada sumbu koordinat.
2) Tentukan banyak langkah/satuan ke atas atau ke bawah sumbu X. Jika ke atas berarti nilainya positif, kalau ke bawah nilainya negatif.

Menentukan koordinat titik P
Arah dari titik (0,0): 2 langkah ke kanan dilanjutkan 4 langkah ke atas
Jadi, koordinatnya (2, 4).

Menentukan koordinat titik Q
Arah dari titik (0,0): 5 langkah ke kiri dilanjutkan 5 langkah ke atas
Jadi, koordinatnya (-5, 5).

Menentukan koordinat titik P
Arah dari titik (0,0): 5 langkah ke kiri dilanjutkan 3 langkah ke bawah
Jadi, koordinatnya (-5, -3).

Menentukan koordinat titik P
Arah dari titik (0,0): 3 langkah ke kanan dilanjutkan 2 langkah ke bawah
Jadi, koordinatnya (3, -2).


Perhatikan contoh berikut.
Diketahui koordinat titik P(-3,1), Q(-3,-3), R(3, 1), dan S(3, 5). Apa nama bangun datar yang dibentuk PORS?

Jawaban:
Jika titik P, Q, R, dan S digambarkan di bidang kartesius maka diperoleh gambar berikut.



Tampak bahwa bangun datar PQRS berbentuk jajargenjang.



Menentukan dan Menyelesaikan Masalah Tentang Limit Fungsi Aljabar

Desember 30, 2016 Add Comment
Menentukan dan Menyelesaikan Masalah Tentang Limit Fungsi Aljabar
Materi tentang Limit fungsi Aljabar merupakan  materi pelajaran kelas 10 dan 11. Nah, pada kesemptan ini akan kami berikan problem solving tentang limit fungsi aljabar.
Hal-hal yang berkaitan dengaan limit fungsi ajabar adalah nilai pendekatan untuk nilai tertentu (x = a) yang diterapkan pada fungsi aljabar.

Ada beberapa kondisi dalam menentukan nilai limit fungsi aljabar. 
1. Jika suatu fungsi f(x) terdifinisi untuk untuk setiap nilai a (f(a) terdefinisi) dan limit kiri = limit kanan, maka nilai limit f(x) untuk x mendekati a adalah f(a).

atau ditulis berikut.


Perhatikan contoh-contoh berikut.



2. Jika dalam mensubstitusi suatu nilai a terjadi kondisi 0/0 (tak tentu), maka lakukan hal-hal berikut.
a. Faktorkan bentuk aljabar pada pembilang dan penyebut. Sederhanakan dengan mencoret atau menghilangkan faktor yang sama.
b. Jika pada pembilang atau penyebut berbentuk akar, kalikan dengan bentuk sekawan. Kemudian sederhanakan.
c. Turunkan/differensialkan dari pembilang dan penyebutnya. Kemudian substitusikan nilai pendekatannya.

Perhatikan contoh -contoh berikut.
Perlu diketahui bahwa limit fungsi aljabar di bawah ini jika disubstitusikan secara langsung akan menghasikan 0/0(taktentu). Sehingga cara penyelesaiannya menggunakan cara di atas sesuai dengan kondisi permasalahannya.

 Perhatikan contoh-contoh berikut


 Di bawah ini limit fungsi yang mengandung bentuk akar. Apabila nilai pendekatan disubstitusikan langsung akan menghasilkan 0/0 (tak tentu). Maka langkah-langkah penyelesaiannya dikalikan dengan sekawannya.
Perhatikan contoh berikut.







3. Ada bentuk limit fungsi aljabar bentuk akar yang lain (terutama limit x menuju tak hingga). Apabila nilai pendekatan disubstitusikan langsung menghasilkan nilai tak tentu, yaitu hasilnya takhingga dikurangi takhingga. Jika dalam kondisi ini maka langkah solusinya dikalikan sekawan.


Lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.















Kisi-Kisi Soal UN SMP, SMA/MA, dan SMK/MAK (Lengkap) 2016/2017

Desember 28, 2016 Add Comment
Kisi-Kisi Soal UN SMP, SMA/MA, dan SMK/MAK (Lengkap) 2016/2017
Selamat kami ucapkan kepada adhik-adhik siswa SMP , SMA, dan SMK sederajat terutama untuk siswa - siswi yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN 2017).
Kali ini kami akan memberikan kabar gembira untuk Anda semua, karena kemarin tanggal 24 Desember 2016, BSNP sudah memberikan dan mengeluarkan Kisi-KIsi Ujian Nasional (UN) untuk tahun ajaran 2016/2017. Kisi-KIsi UN SMP, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat tahun 2017 sudah bisa Anda download dan bisa Anda pelajari isinya.
Memang secara umum kisi-kisi UN 2017 ini tidak banyak berubah dengan kisi-kisi UN tahun 2016. Anda bisa membandingkan sendiri.



Bagaimana cara menyikapi kisi-kisi yang sudah dikeluarkan dari BSNP?
Dengan kisi-kisi-SKL UN SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/MAK tersebut maka harus kalian pelajari poin-poin penting dalam kisi-kisi UN tersebut. Dari poin-poin tersebut maka jabarkan menjadi poin-poin yang lebih khusus lagi sehingga sekupnya lebih khusus. Dari yang khusus tersebut, carilah bentuk-bentuk soal yang sudah pernah keluar dalam Ujian Nasional sebelumnya. Carilah sebanyak-banyaknya untuk latihan. Jika kamu kesulitan, carilah buku-buku bank soal yang mendukung UN. Dengan demikian kalian bisa mengerjakan soal-soal yang sesuai dengan Kisi-kisi UN.



Dengan demikian, setelah melihat dan mempelajari kisi-kisi UN 2017 ini, kami dapat menyimpulkan bahwa soal-soal Ujian yang akan dikeluarkan di Ujian Nasional (UN) 2017 besok tidak jauh berbeda dengan tahun-2016.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mendonwload kisi-kisi Ujian Nasional tahun ajaran 2016/2017 yang dikeluarkan BSNP 24 Desember 2016.




Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP/MTS SederajatTh. Ajaran 2016/2017

Kisi-Kisi Ujian Nasional SMA/MA Sederajat Th. Ajaran 2016/2017

Kisi-Kisi Ujian Nasional SMK/MAK Sederajat Th. Ajaran 2016/2017 


Semoga Bermanfaat 

Kisi-Kisi Soal dan Prediksi Soal USM SD/MI 2017 (Matematika)

Desember 22, 2016 Add Comment
Kisi-Kisi Soal dan Prediksi Soal USM SD/MI 2017 (Matematika)
Ujian Sekolah Madrasah SD/MI (USM SD/MI 2017) sebentar lagi tiba. Kalian saat ini harus sudah mulai belajar dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain  itu USM jangan anggap remeh, karena nilai USM juga menentukan kualitas kamu ketika belajar di sekolah dasar.
Hasil Ujian Sekolah Madrasah (USM) juga sebagai pertimbangan dalam melanjutkan ke jenjang SMP sederajat. Nah, untuk itu kalian harus mempersiapkan lebih dini dalam belajar untuk bekal mencari sekolah lebih lanjut, tentunya sekolah yang kamu idam-idamkan.

Perlu diketahui juga bahwa kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2017 sudah diberikan oleh kemendikbud. Artinya kita sudah tahu kisi-kisi atau materi-materi yang akan keluar di US/M 2017. Dengan adanya kisi-kisi ujian sekolah madrasah (USM) tersebut paling tidak bisa memberikan manfaat bagi siswa dan guru. Sebab dengan kisi-kisi USM tersebut  maka siswa dapat belajar lebih fokus. Begitu juga untuk guru, dapat memberikan materi US/M secara tepat.


Untuk mendapatan Kisi-KIsi soal US/M Tahun 2016/2017  dapat Anda download  berikut.

 Download Kisi-Kisi US/M Tahun 2017 Lengkap

 Apa yang bisa kalian lakukan saat ini?
Tentunya mengerjakan soal-soal latihan yang bisa digunakan untuk persiapan Ujian Sekolah di tahun 2017 ini.
Namun jangan kuatir, Prediksi dan Tryout-tryout soal USM 2017 kami berikan di sini.
Khususnya untuk soal Matematika. Soal prediksi ini sudah sesuai dengan kisi-kisi USM terbaru. Semua tipe soal ada di sini.
Namun, jika Anda menginginkan materi dan soal-soal akurat tentang US/M SD 2017 kami beri petunjuk BUKU UN yang cocok buat Anda yang ada di dalam prediksi di bawah ini.

Nah, silahkan DOWNLOAD secara free di bawah ini.

Prediksi Soal Matematika USM SD-MI 2017

Silakan dipelajari dengan sungguh-sungguh.
Semoga sukses.