Buku Soal-Soal Penunjang US/M SD-MI tahun 2017 Sesuai Kisi-Kisi

Juni 23, 2016 Add Comment
Buku Soal-Soal Penunjang US/M SD-MI tahun 2017 Sesuai Kisi-Kisi

Informasi ini kami sampaikan kepada siswa-siswi kelas 6 SD/MI, bapak ibu guru, orang tua siswa dan para tentor dan pendidik.



Pelaksanaan Ujian Sekolah (US/M) tahun 2016 sudah berlalu. Kami ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh siswa yang telah menjalankannya. Setelah melihat hasil Ujian Sekolah secara menyeluruh, secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil Ujian Sekolah tahun 2016 ini mengalami penurunan, walaupun kisi-kisi soal Ujian sudah diberikan sejak awal. Oleh karena itu, dengan keadaan seperti ini, mari kita kaji ulang “ Apa yang menyebabkan nilai siswa mengalami penurunan?”



Kami sudah melihat dan menganalisis berbagai soal Ujian Sekolah/Madrasah (USM) yang kami peroleh dari berbagai daerah. Dan hasilnya adalah sebenarnya soal-soal pada Ujian Sekolah sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan dari Diknas Pusat. Jadi, kesimpulan yang kami peroleh sebagai berikut.

1.     Siswa kurang latihan mengerjakan soal-soal yang sesuai indikator/kisi-kisi Ujian Sekolah.

2.     Siswa mengerjakan soal-soal yang tidak sesuai kisi-kisi Ujian Sekolah (USM).



Untuk meningkatkan hasil ujian sekolah (USM) mendatang (2017) maka perlu adanya langkah-langkah dari sekarang.  Beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan saat ini antara lain sebagai berikut.

1.     Pelajari kisi-kisi Ujian Sekolah tahun (2016/2017) kemudian lihat soal-soal Ujian Sekolah yang sudah dilaksanakan. Periksa antara kisi-kisi dan bentuk soalnya.

2.     Carilah soal-soal yang sesuai dengan kisi-kisi dan prediksilah bentuk soal-soal yang akan dikeluarkan pada ujian sekolah tahun depan.

3.     Sarankan dan ajaklah siswa/anak didik untuk mengerjakan soal-soal standar Ujian Sekolah dari sekarang.


Jika siswa-siswi sudah mulai mengerjakan soal-soal latihan, berarti mereka sudah belajar sekitar 70% bahan untuk Ujian Sekolah. Tinggal 30% dan pemantapan bisa dilakukan di sekolah/bimbel.



Menyikapi permasalahan dan langkah-langkah yang harus dilakukan, kami sarankan untuk memilih buku penunjang US/M SD dan MI dari sekarang. Pilihlah buku yang baik, jangan tergantung pada penerbit besar, atau buku yang keliatan murah. Lihat isi buku baik materi, contoh soal dan pembahasan,dan soal-soalnya. Pilihlah buku yang banyak soal dan bermutu.



Setelah saya membaca dan mangamati buku yang beredar di toko buku, saya sarankan untuk membeli buku ini.

Judul : Strategi dan Kupas Tuntas SKL USM SD/MI 2017

Penerbit : Genta Smart Publisher

Bukunya seperti di bawah ini.


 






Jangan ragu untuk memiliki. Karena kami yakin Buku ini sangat bagus untuk siswa-siswi Anda.Selain itu, buku ini sesuai kisi-kisi USM 2016/2017.

Demikian sekilas tentang Hasil Ujian Sekolah SD/MI 2016 mengenai kendala dan solusi yang harus dilakukan sejak saat ini.

Semoga bermanfaat.


Buku-Buku Latihan UN 2017 Sesuai Kisi-Kisi UN 2016/2017

Juni 08, 2016 Add Comment
Buku-Buku Latihan UN 2017 Sesuai Kisi-Kisi UN 2016/2017
Adhik-adhik siswa-siswi SMP/MTs sederajat yang saya cintai khususnya yang menapaki di kelas 9, saya ucapkan selamat atas kenaikan jenjang kelas kalian.
semoga dengan menjadi siswa kelas 9 kalian tambah dewasa dan semakin mengerti akan kewajiban-kewajiban yang akan kalian tunaikan selama di kelas 9 ini.Saya mengharapkan pada kalian untuk selalu belajar dengan giat, tekun, dan selalu melakukan hal-hal yang baik demi cita-cita yang akan datang.

Adhik-adhik yang saya cintai, melihat hasil Ujian Nasional tahun 2016 ini secara umum mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Entah karena apa sehingga hasil ujian Nasional tahun 2016 ini menurun. Yang pasti karena banyak faktor. Setelah kami menyimak dengan latar belakang dan hasil yang UN yang diperoleh, dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut.
1. Adanya penyatuan soal dengan kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 sehingga banyak guru yang bingung dengan penyatuan ini.Akibatnya banyak guru yang tidak fokus untuk mengajarkan materi mana yang akn diajarkan kepada siswa. Dampaknya guru kurang waktu dalam mengajar siswa.
2. Kisi-kisi dan Indikator Ujian Nasional  yang bersifat umum, sehingga mau tidak mau siswa harus menguasai seluruh materi. Karena luasnya materi yang harus dipelajari, persentase penguasaan masih relatif kurang maksimal.
3. Munculnya soal-soal bertipe penalaran yang jarang sekali dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya. Perlu diketahui soal-soal UN 2016 terdapat beberapa soal yang bertipe penalaran. Bentuk soalnya pun tak terduga dan jarang ditemui di buku-buku teks atau buku latihan siswa.
4. Faktor dari siswa yang kurang latihan, kurang belajar dan sebagian yang mengandalkan bocoran kunci jawaban (padahal sangat gak mungkin soal akan bocor)
Dan masih banyak lagi faktor yang lainnya.

Nah terus, bagaimana dengan sikap kalian ke depan?  
Tentunya kalian harus lebih baik daripada kakak-kakakmu yang sudah lulus kemarin. Niatkan diri kalian untuk memperoleh hasil Ujian Nasional yang lebih baik.
Bagaimana Caranya? 
Kunci sukses dalam menghadapi Ujian Nasional 2017 ke depan tergantung langkah kalian detik ini. Ini langkah-langkah yang harus kalian lakukan.
1. Jangan menunda-nunda waktu untuk belajar. Mulailah dari sekarang
2. Carilah bahan belajar (buku penunjang UN) yang sesuai dengan kisi-kisi UN atau banyak yang mengacu pada soal-soal UN sebelumnya.
3. Kerjakan soal-soal latihan yang ada, dan tanyakan apabila ada soal yang tidak bisa kamu jawab, baik kepada teman atau bapak/ibu guru.
4. Bersikaplah yakin, optimis dan PD alias jangan takut dan pesimis


Jika kalian masih ragu/masih bingung untuk mencari referensi buku yang bermutu, akan kami beri informasi buku penunjang UN yang bermutu baik. Buku ini sudah terbit dan sudah ada di toko buku Gramedia. Buku TOP PREDIKSI ini dibuat sesuai dengan Kisi-Kisi UN SMP/MTS tahun 2016/2017


Jadi, jika kalian bisa buku yang sesuai Kisi-Kisi UN lebih awal.

Lebih jelasnya tentang buku di atas, Coba kalian KLIK di bawah ini.
 
Buku TOP Prediksi UN SMP 2017

Nah,setelah kamu dapat bukunya, kamu bisa belajar mulai sekarang.
Semoga Sukses..
 

Contoh Soal Luas Layang-Layang dan Pembahasannya

Juni 03, 2016 Add Comment
Contoh Soal Luas Layang-Layang dan Pembahasannya
Contoh Soal Luas Layang-Layang dan Pembahasannya - Sudahkah kalian membaca pembahasan Rumus Matematika Dasar mengenai materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Layang-Layang ? sebaiknya kalian mempelajarinya terlebih dahulu sebelum membaca pembahasan contoh soal yang akan diberikan di dalam materi kali ini karena itu adalah konsep dasar yang dipergunakan untuk menjawab soal-soal di bawah ini. Kalau sudah mempelajarinya, sekarang kita praktekkan langsung untuk menjawab soal-soal berikut ini: 

Contoh Soal dan Pembahasan Luas Layang-Layang



Contoh Soal 1:

Sebuah bangun berbentuk layang-layang dengan panjang diagonal 1(d1) berukuran 18 cm dan diagonal 2 (d2) berukuran 16 cm. Tentukan luas bangun tersebut !

Penyelesaiannya:
Diketahui:  diagonal 1 (d1) = 18 cm
                   Diagonal 2 (d2) = 16 cm

Ditanya : luas (L)

Jawab :
 
Jadi luas bangun tersebut adalah cm2

Contoh Soal 2:

Layang-layang memiliki luas 280 cm2 dan salah satu diagonalnya berukuran 20 cm. Tentukan ukuran diagonal yang lain!

Penyelesaiannya:
Diketahui:  diagonal 1 (d1) = 20 cm
                   luas (L) = 280 cm2

Ditanya : Diagonal 2 (d2)

Jawab :
 
Jadi panjang diagonal yang lainnya adalah 14 cm

Contoh Soal 3:

Deni akan membuat layang-layang. Dua potong bambu yang Deni pakai berukuran 30 cm dan 22 cm. Apabila layangan sudah jadi, berapakah luasnya?

Penyelesaiannya:
Diketahui:  diagonal 1 (d1) = 30 cm
                   Diagonal 2 (d2) = 22 cm

Ditanya : luas (L)

Jawab :
 
       Jadi luas layang-layang tersebut adalah cm2

Contoh Soal 4:

Aldo memiliki kertas berukuran 60 cm x 100 cm. Kertas itu ia gunakan untuk membuat 6 buah layang-layang yang berukuran 36 cm x 40 cm. Berapa luas kertas yang tersisa?

Penyelesaiannya:
Diketahui:  ukuran kertas = 60 cm x 100 cm
  diagonal 1 (d1) = 36 cm
                   Diagonal 2 (d2) = 40 cm

Ditanya : luas kertas tersisa (L)

Jawab :
 
        Luas kertas = 60 x 100 = 6000 cm2

Luas layang –layang =

Kertas terpakai = 6 x 720 = 4320 cm2
Kertas tersisa = 6000 cm2 - 4320 cm2 = 1680 cm2
Jadi luas kertasa yang tersisa adalah 1680 cm2

Contoh Soal 5:

Di rumah Mira terdapat hiasan dinding berbentuk layang-layang dengan ukuran luas 420 cm2.  Jika salah satu diagonalnya berukuran 28 cm tentukanlah ukuran diagonal yang lainnya!

Penyelesaiannya:
Diketahui:  diagonal 1 (d1) = 28 cm
                   luas (L) = 420 cm2

Ditanya : Diagonal 2 (d2)
Jawab :
  
Jadi panjang diagonal yang lainnya adalah 30 cm

Itulah 5 Contoh Soal Luas Layang-Layang dan Pembahasannya yang dapat kalian pelajari untuk memahami langkah-langkah mudah di dalam menjawab soal-soal matematika mengenai luas layang-layang. Semoga bisa membantu kalian yang masih bingung mengenai cara mengerjakan soal-soal serupa. Sampai jumpa lagi di dalam pembahasan soal-soal lainnya.

Cara Mudah Menghitung Luas Permukaan Bidang Empat Beraturan

Juni 02, 2016 Add Comment
Cara Mudah Menghitung Luas Permukaan Bidang Empat Beraturan


Cara Mudah Menghitung Luas Permukaan Bidang Empat Beraturan - Apakah yang disebut sebagai bidang empat beraturan? bidang empat beraturan merupakan bangun ruang yang terdiri atas empat bidang sisi yang bentuknya berupa segitiga sama sisi. Bidang empat beraturan lebih umum dikenal sebagai limas segitiga beraturan karena keseluruhan sisinya berbentuk segitiga sama sisi. Lalu bagaimanakah cara menghitung luas permukaan bidang dari limas segitiga ini? simak pembahasan Rumus Matematika Dasar di bawah ini:
Cara Mudah Menghitung Luas Permukaan Bidang Empat Beraturan

Cara Cepat Mencari Luas Permukaan Bidang Empat Beraturan

Pertama-tama kalian harus memperhatikan gambar limas segitiga sama sisi (bidang empat beraturan) T.ABC berikut ini:

Bila diperhatikan, pada bangun ruang di atas terdapat empat buah segitiga sama sisi yang luasnya tentu saja sama. Segitiga sama sisi itu adalah ΔABC, ΔBCT, ΔACT, dan ΔABT. Rumus mudah dan cepat untuk menghitung lkuas segitiga sama sisi tersebut adalah:

 L.Δ = ¼s2√3

Ada empat permukaan bidang empat (limas segitiga sama sisi) dengan luas yang sama pada gambar di atas, maka:
L = 4 × L.Δ
L = 4 × ¼s2√3
L = s2√3

Jadi, rumus untuk mencari volume (V) bidang empat beraturan yang memiliki panjang rusuk (s) adalah:

L = s2√3

Contoh Soal 1:

Diketahui sebuah bidang empat beraturan mempunyai panjang rusuk 8 cm. Berapakah  luas permukaan bidang empat beraturan tersebut?

Penyelesaiannya:
L = s2√3
V = (8 cm)2√3
V = 64√3 cm2

Jadi, luas permukaan bidang empat beraturan tersebut adalah 64√3 cm2

Itulah Cara Mudah Menghitung Luas Permukaan Bidang Empat Beraturan (limas segitiga sama sisi) apabila panjang rusuknya telkah diketahui. Semoga saja kalian bisa memahami penjelasan di atas dengan baik.

Contoh Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Jarak Titik ke Garis Pada Kubus

Juni 02, 2016 Add Comment
 Contoh Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Jarak Titik ke Garis Pada Kubus
Apakah kalian sudah membaca postingan Rumus Matematika Dasar mengenai Cara Menghitung Jarak Titik ke Titik, Garis, dan Bidang ? jika belum, sebaiknya membacanya terlebih dahulu agar kalian bisa lebih mudah memahami Contoh Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Jarak Titik ke Garis Pada Kubus yang akan dijelaskan di bawah ini:

Contoh Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Jarak Titik ke Garis Pada Kubus

Contoh Soal 1

Diketahui panjang rusuk sebuah kubus ABCD.EFGH adalah 6cm. Maka hitunglah jarak:

a).titik D ke garis BF
b).titik B ke garis EG

Penyelesaiannya:

a).Agar lebih mudah dalam menjawabnya, mari kita perhatikan gambar di bawah ini:
 Contoh Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Jarak Titik ke Garis Pada Kubus
Dari gambar di atas kita bisa melihat bahwa jarak titik D ke garis BF adalah panjang diagonal BD yang dapat ditentukan dengan menggunakan teorema phytagoras ataupun dengan rumus. Mari kita selesaikan dengan teorema phytagoras terlebih dahulu:

BD2 = AB2 + AD2
BD2 = 62 + 62
BD2 = 72
BD = √72 = 6√2 cm

beikut bila kita mencarinya dengan menggunakan rumus:

d = s√2
BD = AB√2
BD = (6 cm)√2
BD = 6√2 cm

Maka, jarak titik D ke garis BF adalah 6√2 cm



b). Sama halnya dengan soal a) kita juga harus membuat gambarnya terlebih dahulu agar lebih mudah mengerjakannya.
 Contoh Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Jarak Titik ke Garis Pada Kubus
Dari perhitungan pada soal a) diketahui bahwa panjang diagonal sisi kubus FH = BD adalah 6√2 cm

Untuk mengetahui panjang BP, kita gunakan teorema phytagoras untuk segitiga siku-siku BFP:

FP = ½ FH = 3√2 cm

maka:

BP2 = FP2 + BF2
BP2 = (3√2)2 + 62
BP2 = 18 + 36
BP2 = 54
BP = √54 = 3√6 cm

Maka,jarak titik B ke garis EG adalah 3√6 cm

Sekian pembahasan tentang  Contoh Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Jarak Titik ke Garis Pada Kubus. Sampai jumpa lagi di dalam pembahasan contoh soal yang lain. Semoga kalian dapat memahami dengan baik apa yang sudah dijabarkan di atas.