Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs 2014/2015

Februari 03, 2014 Add Comment
Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs 2014/2015


Soal Ujian Nasional SMP/MTs. Mapel Matematika

Tahukah Anda, bahwa soal-soal Ujian Nasional tahun 2015 akan mengacu pada kisi-kisi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, baik itu dari kemendiknas atau BSNP. Kisi-Kisi atau Standar Kelulusan (SKL) Ujian Nasional (UN) 2014/2015 ini secara langsung membantu Anda dalam belajar secara efisien dan fokus. Walaupun demikian untuk menjabarkan kisi-kisi ini membutuhkan beberapa dokumen-dokumen soal UN yang lebih banyak. Mengapa? Karena soal-soal ujian Nasional dari tahun-ke tahun selalu mengalami peningkatan kualitas dan variasi soal. Kami sudah menganalisis soal-soal dari tahun ke tahun. Terutama soal Ujian Nasional Matematika. Berikut ini disajikan soal prediksi (bukan bocoran soal) Ujian Nasional tahun 2014/2015 yang sesuai dengan kisi-kisi dan SKL Ujian Nasional 2013/2014.

Kisi-Kisi 2:
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

SOAL UJIAN NASIONAL 2014/2015
MAPEL : MATEMATIKA
SMP/MTS

1.      Sebuah barisan aritmetika mempunyai rumus suku ke-n yaitu Un = 3n – 5. Jumlah 30 suku yang pertama adalah . . . .
A.      1.215
B.      1.239
C.      1.245
D.      1.260
2.      Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 17, 13, 9, 5, . . . adalah . . . .
A.      -4n + 21
B.      -4n + 17
C.      -4n – 21
D.      4n – 21
3.  Diketahui barisan aritmetika dengan U3 + U5 = 42 dan U9= 51. Suku kedua puluh tiga (U23) adalah ...
      A.     135
      B.    136
      C     141
       D.    147

4. Suku ke-4 dan suku ke-8 barisan aritmetika adalah 27 dan 55. Jumlah 22 suku pertama barisan tersebut adalah . . . .
A.      1.533
B.      1.760
C.      1.683
D.      1.863
5.      Suatu gedung mempunyai 20 tempat duduk pada barisan pertama, 24 tempat duduk pada barisan kedua, 28 tempat duduk pada barisan ketiga, dan seterusnya dengan setiap barisnya 4 tempat duduk lebih banyak dari barisan di depannya. Jika terdapat 25 barisan tempat duduk, banyak tempat duduk pada baris paling belakang ada . . . buah.
A.      116
B.      120
C.      124
D.      128
6.   Diketahui barisan geometri dengan suku ke-3 adalah 96 dan suku ke-7 adalah 6. Suku ke-10 adalah . . .
      A.     3/2
      B.      3/4
      C.      9/16
      D.      3/16

7.  Sebuah amoeba dapat membelah diri menjadi dua setiap 6 menit. Jumlah amoeba setelah satu jam jika awalnya hanya terdapat 2 amoeba adalah . . . .
A.      2.048
B.      1.024
C.      128
D.      120



Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2014/2015

Februari 03, 2014 Add Comment
Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2014/2015


Soal Ujian Nasional SMP/MTs. Mapel Matematika

Tahukah Anda, bahwa soal-soal Ujian Nasional tahun 2015 akan mengacu pada kisi-kisi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, baik itu dari kemendiknas atau BSNP. Kisi-Kisi atau Standar Kelulusan (SKL) Ujian Nasional (UN) 2014/2015 ini secara langsung membantu Anda dalam belajar secara efisien dan fokus. Walaupun demikian untuk menjabarkan kisi-kisi ini membutuhkan beberapa dokumen-dokumen soal UN yang lebih banyak. Mengapa? Karena soal-soal ujian Nasional dari tahun-ke tahun selalu mengalami peningkatan kualitas dan variasi soal. Kami sudah menganalisis soal-soal dari tahun ke tahun. Terutama soal Ujian Nasional Matematika. Berikut ini disajikan soal prediksi (bukan bocoran soal) Ujian Nasional tahun 2014/2015 yang sesuai dengan kisi-kisi dan SKL Ujian Nasional 2014/2015.

Kisi-Kisi 4:

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.

SOAL UJIAN NASIONAL 2014/2015
MAPEL : MATEMATIKA
SMP/MTS

1.    Sebuah bank menerapkan suku bunga tunggal sebesar 8% per tahun. Setelah 2,5 tahun, tabungan Budi di bank tersebut menjadi Rp5.400.000,00. Tabungan awal Budi adalah . . . .
A.    Rp5.000.000,00
B.    Rp4.800.000,00
C.    Rp4.500.000,00
D.    Rp4.250.000,00

2.    Pak Jefri meminjam uang di bank sebesar Rp10.000.000,00 dan akan diangsur selama 10 bulan. Jika bank tersebut memberikan bunga pinjaman 15% per tahun, besar angsuran setiap bulannya . . . .
A.    Rp1.225.000,00
B.    Rp1.200.000,00
C.    Rp1.150.000,00
D.    Rp1.125.000,00

Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2014/2015

Februari 03, 2014 Add Comment
Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2014/2015


Soal Ujian Nasional SMP/MTs. Mapel Matematika

Tahukah Anda, bahwa soal-soal Ujian Nasional tahun 2014/2015 akan mengacu pada kisi-kisi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, baik itu dari kemendiknas atau BSNP. Kisi-Kisi atau Standar Kelulusan (SKL) Ujian Nasional (UN) 2014/2015 ini secara langsung membantu Anda dalam belajar secara efisien dan fokus. Walaupun demikian untuk menjabarkan kisi-kisi ini membutuhkan beberapa dokumen-dokumen soal UN yang lebih banyak. Mengapa? Karena soal-soal ujian Nasional dari tahun-ke tahun selalu mengalami peningkatan kualitas dan variasi soal. Kami sudah menganalisis soal-soal dari tahun ke tahun. Terutama soal Ujian Nasional Matematika. Berikut ini disajikan soal prediksi (bukan bocoran soal) Ujian Nasional tahun 2014/2015 yang sesuai dengan kisi-kisi dan SKL Ujian Nasional 2014/2015.

Kisi-Kisi 2:

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.



SOAL UJIAN NASIONAL 2013/2014

MAPEL : MATEMATIKA

SMP/MTS
 


1.  Tinggi tumpukan 120 buku yang sama adalah 72 cm. Jika 75 buku tersebut ditumpuk, tinggi tumpukannya . . . cm.

A.    42     

B.    45

C.    50

D.    60



2.    Jumlah bola merah dan bola biru 192 buah. Perbandingan banyak bola merah dan bola biru 5 : 7. Selisih banyak bola merah dan bola biru adalah . . . .

A.    24

B.    28

C.    32

D.    36

3.    Sebanyak 96 pekerja mampu menyelesaikan pembangunan jembatan selama 40 hari. Apabila jembatan tersebut akan diselesaikan selama 30 hari, tambahan pekerja yang diperlukan adalah . . . .

A.    56                  

B.    48                  
C.   32
D.   16

4.    Perbandingan uang Faiz dan Guntur 5 : 7. Selisih uang mereka Rp16.000,00. Jumlah uang mereka adalah . . . .

A.     Rp72.000,00
B.    Rp80.000,00
C.    Rp88.000,00
D.    Rp96.000,00
5.  Direncanakan suatu perbaikan jalan dapat diselesaikan dalam waktu 30 hari oleh 12 pekerja. Jika rencana itu berubah agar waktu lebih cepat 6 hari dalam penyelesaiannya, maka dibutuhkan tambahan . . . pekerja.

A.     3
B.    4
C.     6
D.    15